Home   >   Ftv   >   Makam Ambruk Haji Riya
Makam Ambruk Haji Riya

Synopsis

Pada tengah malam, Ade dan Zacky yang lagi tidur di makam, terkejut oleh suara ledakan. Warga sekitar makam juga terkejut oleh bunyi ledakan. Ada yang mengira tabung gas epliji yang meledak, bahkan ada yang mengira bom teroris. Mereka semua tercengang nyaris tak percaya, bahwa ledakan itu terjadi di tengah makam, tepatnya di makam Haji Mansur yang kini sudah ambruk. Zacky dan Ade segera datang melapor ke rumah Ahmad. Mak Amih marah-marah  karena mereka tengah malam gedor-gedor rumah. Begitu tau ada kuburan meledak, Mak Amih kaget.
Ahmad memeriksa data Haji Mansur pada buku registrasi. Ahmad juga tanya-tanya ke para tetangga almarhum. Almarhum Haji Mansur terkenal sebagai orang yang soleh, meninggal 1 tahun yang lalu, kenapa tiba-tiba meledak...? Para tetanggapun sibuk kasak-kusuk untuk mencari-cari dimana kesalahan Haji Mansur semasih hidup. Haji Mansyur kaya raya dan rajin santuni anak yatim, suka bersedakah dan beramal. Kenapa makamnya bisa meledak...? 

Memang saat bersedekah, Haji Mansyur sangat riya atau pamer. Bahkan sebelum meninggal dia berwasiat ke anak-anaknya kalau dia meninggal nanti agar makamnya dibangun dan ditinggikan dan harus lebih indah dari makam yang lain. Ternyata memang makam Haji Mansur beda sendiri dengan makam yang lain. Makam Haji Mansur satu-satunya makam yang dikijing (disemen) dengan posisi yang lebih tinggi dari makam yang lain, padahal hal yang demikian dilarang oleh agama. Bahkan pembangunan makam itu sempat menimbulkan keributan antar keluarga. Setelah diselidiki, makam itu meledak karena ada gandungan gas dalam tanah yang tidak bisa keluar karena tersumbat oleh semen makam.
 

Trailer

  • DIRECTOR
    Eddy Prasetya
  • WRITER
    Team MNC Pictures
  • PRODUCER
    Edward Candra
ADS